INTERNSHIP HMSI 2022/2023

Mahasiswa biasanya dinilai memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi, kecerdasan dalam berpikir, serta perencanaannya dalam bertindak. Karena mahasiswa dalam definisinya tidak sekedar sebagai peserta didik yang duduk di bangku perguruan tinggi. Tidak hanya mengikuti syarat administrasi mahasiswa saja, tetapi seorang mahasiswa juga memiliki peran dan sumbangsih dalam meningkatkan sumber daya manusia. Untuk menumbuhkan peran yang seharusnya di kuasai oleh mahasiswa, HMSI mengadakan program internship yang bermaksud agar mahasiswa prodi SI memiliki kesempatan melatih diri dalam berorganisasi dan melatih mahasiswa prodi SI bertanggung jawab menyelesaikan tugasnya dalam sebuah organisasi.

Ketua acara, Evi Susanti menggagas kegiatan yang akan diselenggarakan berupa internship, dimana dalam kegiatan tersebut nantinya anggota yang terpilih akan turut serta aktif dalam membantu jalannya proker yang sudah disusun. Dimana HMSI sudah memiliki tujuan, struktur, dan kegiatan yang telah dipublikasikan kepada anggotanya.

Hal itu disambut oleh Nabila Ananda dan Nabila Wafaa’ sebagai sekretaris dan seksi acara terkait dengan Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) merupakan salah satu organisasi mahasiswa di Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang berada dibawah naungan Fakultas Informatika (FIF).

Wakil ketua Lisna Widiasari menyetujui rencana tersebut karena telah menyelenggarakan kegiatan internship pada periode sebelumnya. Ketua, Lintang Dandung Prakoso menegaskan kegiatan tersebut akan menjadi tolak ukur penilaian mahasiswa yang memenuhi kriteria dalam menjalankan tugas HMSI berikutnya. Yang kemudian menyepakati kegiatan ini dengan nama “Internship HMSI 2022/2023”.

Hal inipun disambut dengan baik oleh Pembina HMSI Ibu RR. Hutanti Setyodewi, S.T.,S.Si.,M.MSI. dengan mengarahkan agar kegiatan ini lebih berfokus pada kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar dengan mengembangkan jiwa kepemimpinan mahasiswa yang memiliki kompetensi oleh critical thinking dan problem solving, kretativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tes wawancara dari tanggal 11 s/d 12 yang pendaftarannya melalui website https://hmsi.ittelkom-pwt.ac.id/2022/11/02/open-recruitment-internship-hmsi-2022/ yang diikuti oleh 20 orang.

Dengan adanya Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) yang diharapkan dapat berperan sebagai media bagi semua mahasiswa Sistem Informasi untuk lebih meningkatkan jalinan kekeluargaan dan kebersamaan antar sesama mahasiswa prodi SI, kegiatan internship ini pun didukung oleh jajaran dosen di prodi Sistem Informasi, ujar Ibu Dwi Mustika Kusumawardani, S.Kom., M.Kom..

Dari wawancara tersebut, berikut pengumuman terkait mahasiswa yang lolos tahap seleksi wawancara dan dinyatakan diterima sebagai anggota Internship HMSI 2022/2023 yang akan membantu dalam periode bulan November sampai bulan Januari.

Kegiatan Internship HMSI 2022/2023 memiliki program kerja diantarnya adalah melaksanakan kegiatan Sharing Business Plan dimana untuk narasumbernya merupakan Ibu Sarah Astiti, S.Kom., M.MT selaku dosen prodi Sistem Informasi. Selain itu, anggota internship juga akan turut membantu pelaksanaan program kerja pada divisi masing-masing.

Penyelenggaraan kegiatan organisasi kemahasiswaan (Ormawa) dilandaskan pada Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-undang tersebut menyatakan bahwa setiap peserta didik pada satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan minat, bakat, dan penalaran. Selanjutnya UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menegaskan bahwa mahasiswa berhak mendapatkan layanan pendidikan yang sesuai dengan potensi dan kemampuannya dalam bidang minat, bakat, serta penalaran. Dalam UU Nomor 12 Tahun 2012 pasal 14 disebutkan bahwa pengembangan minat, bakat, serta penalaran mahasiswa tersebut dilakukan melalui kegiatan kurikuler, kegiatan kokurikuler sebagai kegiatan pendukung proses pendidikan, dan kegiatan ekstra kurikuler sebagai kegiatan yang dilakukan melalui organisasi kemahasiswaan. Dalam pasal 77 disebutkan bahwa organisasi kemahasiswaan adalah organisasi intra perguruan tinggi, dan mendapatkan legalitas dari pimpinan perguruan tinggi.

Dokumentasi

Interview Calon Anggota Internship HMSI 2022/2023
2
Pertemuan pertama antara anggota HMSI dan Internship HMSI. Pertemuan ini bertempat di Waroenk Ora Umum. Agendanya adalah perkenalan antar anggota divisi dan penyampaian program kerja.
Pelaksanaan program kerja Sharing Business Plan yang diadakan oleh anggota Intership HMSI 2022/2023 dengan tema “Visualize Your Idea With Business Plan”
Anggota Internship Divisi Social Development membantu terselenggaranya kegiatan Pengabdian Masyarakat
Anggota Internship Divisi Advokasi membantu terselenggaranya kegiatan Dialog Keprodian
Anggota Internship Divisi HRD membantu terselenggaranya kegiatan Sharing PKM
Pembubaran Internship HMSI 2022/2023 dengan penyerahan sertifikat sebagai tanda bahwa anggota internship telah menyelesaiakn seluruh tugas internship.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *