SHARE TO ADVO

LATAR BELAKANG

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) merupakan salah satu organisasi mahasiswa di IT Telkom Purwokerto. Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) ini berada di bawah naungan Fakultas Informatika (FIF). Sebagai suatu organisasi maka Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) memiliki tujuan, struktur, dan kegiatan yang harus dipublikasikan kepada anggotanya. Dengan adanya Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) diharapkan dapat berperan sebagai media bagi anggotanya untuk mengembangkan pola pikir, potensi dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmu sistem informasi, agar siap terjun ke masyarakat. Oleh karena itu, untuk mengembangkan hal-hal tersebut Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) akan mengadakan kegiatan Share to Advo.

Share to Advo merupakan suatu forum untuk menampung aspirasi dan kritik dari mahasiswa. Kegiatan Share To Advo dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi mengusung tema “Make Changes For The Better”. Share to Advo bertujuan agar mahasiswa Program Studi S1 Sistem Informasi dapat menyalurkan aspirasinya di tempat dan sasaran yang tepat. Selain itu, kegiatan ini juga berguna untuk meningkatkan komunikasi dan membantu mahasiswa menjadi lebih terbuka dalam menyampaikan segala bentuk aspirasinya. Aspirasi tersebut dapat berupa keluh kesah, kritik, maupun saran terhadap kinerja Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI). Sehingga pengurus Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) dapat mengevaluasi diri dan kinerja Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) akan menjadi lebih baik dan berkembang.

 

TUJUAN KEGIATAN

Adapun Tujuan Kegiatan nya antara lain :

  1. Meningkatkan komunikasi antara mahasiswa S1 Program Studi Sistem Informasi dengan Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI).
  2. Menyediakan sarana bagi mahasiswa S1 Program Studi Sistem Informasi dalam menyampaikan aspirasi untuk Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI).

MANFAAT KEGIATAN

Manfaat kegiatan sebagai berikut :

  1. Komunikasi antara mahasiswa S1 program studi sistem informasi dengan Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) menjadi lebih tercipta dengan adanya share to
  2. Mahasiswa S1 program studi sistem informasi memiliki sarana atau wadah untuk menyampaikan aspirasinya untuk Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI).

 

PELAKSANAAN KEGIATAN

Dalam rangka memperkuat kinerja dan meningkatkan semangat kerjasama antar anggota HMSI, Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Sistem Informasi melakukan diskusi secara daring yang mengambil tema “Make Changes For The Better” ini menghadirkan Ibu RR Hutanti Setyodewi, S.T.,S.Si.,M.MSI sebagai Pembina HMSI dan Anggota HMSI itu sendiri sebagai narasumbernya. Ibu RR Hutanti Setyodewi, S.T.,S.Si.,M.MSI. Kegiatan sharing session ini sangatlah bermanfaat, dan diharapkan agar para anggota HMSI Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang mengikuti kegiatan ini dapat memperkuat kinerja dan meningkatkan semangat kerjasama antar anggota HMSI.”. Ketua HMSI Lintang dandung Prakoso dalam sambutannya juga menyampaikan “Selama acara share to advo ini berlangsung mahasiswa SI bisa menyampaikan keluhan yang ingin di sampaikan dan kita berharap semoga permasalahn yang ada pada teman-temandapat terselesaikan dengan baik”. Begitupun dengan Firli Mutiara Tsani selaku ketua pelaksana dalam sambutannya menyebutkan “Saya sangat berterima kasih kepada teman-teman panitia dan peserta Share To Advo yang sudah hadir dan mudah-mudahan acara ini bermanfaat untuk kita semua”

Di sharing session ini, di sediakan data dari survey yang telah di isi oleh angkatan 2019,2020,2021, dan 2022 yang di presentasikan oleh MC yaitu  Abbiyu Ghiyats Shafly Priawan dan Feisya Kartika Ilmi. Di antaranya hasil kuis nya sebagai berikut :

 

Gambar 1. Pemaparan kuisioner kinerja HMSI dari segi pelaksanaa dan pengembangan minat & bakat mahasiswa SI?
Gambar 2. Pemaparan kuisioner kinerja HMSI dari segi pengembangan akademik & pelayanan untuk mahasiswa SI
Gambar 3. Pemapararan kuisioner upaya HMSI meningkatkan solideritas antar mahasiswa SI

Suasana diciptakan rileks dengan cara saling memberikan  feedback  antar anggota HMSI dan peserta baik berupa pertanyaan, kritik dan saran. Beberapa materi yang disampaikan difokuskan padaaktivitas dan kinerja HMSI 2022/2023. Kegiatan Share to Advo kali ini dimulai pukul 13.30 via zoom meeting, terget peserta 96 anak dan terealisasi 22 anak dari beberapa kelas. Anggota HMSI ada 52 anak yang hadir. Kegiatan awal peserta memasuki room via zoom meeting yang telah disediakan oleh panitia.

Gambar 4. Pelaksanaan Share To Advo

Acara yang pertama adalah pembukaan oleh MC yaitu  Abbiyu Ghiyats Shafly Priawan dan Feisya Kartika Ilmi. Acara kedua yaitu sambutan oleh Firli Mutiara Tsani selaku Ketua Panitia. Acara yang ketiga adalah acara inti yaitu pemaparan hasil kuisioner mengenai kinerja HMSI. Dalam acara ini, mahasiswa diberi kebebasan untuk menyampaikan pendapat, kritik, dan saran mereka mengenai hal hal yang berkaitan dengan kinerja HMSI. Acara selanjutnya adalah sesi diskusi mengenai request kegiatan atau event dari mahasiswa sistem informasi untuk HMSI, dan kendala saat pelaksanaan kuliah online. Acara yang terakhir adalah penutup yang diakhiri dengan sesi dokumentasi dari kegiatan Share to Advo pada pukul 15.30 oleh SIE Acara.

Hasil kegiatan Share to Advo 2023 dapat membuat mahasiswa sistem informasi lebih berkontribusi dengan cara memberikan saran dan kritik kepada HMSI 2022/2022. Dari hasil kegiatan share to advo kali ini menitik beratkan untuk meningkatkan kinerja HMSI dengan membuat event-event yang berfokus pengembangan bakat serta memperluas penyebaran informasi untuk mahasiswa.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *