Pengabdian Masyarakat “Strategi Literasi dalam Penetrasi UMKM”

Program pengabdian masyarakat adalah sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Divisi Sosial Development. Harapan melalui program pengabdian masyarakat mahasiswa mampu berinteraksi dan memberikan kontribusi positif langsung ke publik. Harapan tersebut adalah tujuan utama dari program pengabdian masyarakat ini agar mahasiswa mampu mampu mengidentifikasi masalah di UMKM dan mampu memecahkan masalah-masalah tersebut. Selain itu, mahasiswa dapat menggali potensi yang ada di masyarakat serta dapat memanfaatkan potensi ini untuk kebaikan bersama. Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga mengharapkan mahasiswa akan dapat belajar hidup dalam bermasyarakat untuk mendapatkan pengalaman yang luas, sehingga mereka bisa menjadi orang yang lebih berpotensi.

Ketua acara Alshalva Berliana Saputri menggagas kegiatan yang akan diselenggarakan berupa Pengabdian Masyarakat, dimana dalam kegiatan tersebut nantinya anggota dan dosen fasilitator yang turut serta aktif dalam membantu jalannya proker yang sudah disusun. Dimana HMSI sudah memiliki tujuan, struktur, dan kegiatan yang telah dipublikasikan kepada anggotanya.

Hal itu disambut oleh Endah Rizka Nur Amalia dan Annisa Nur Rufaida sebagai sekretaris dan seksi acara terkait dengan Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) merupakan salah satu organisasi mahasiswa di Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang berada dibawah naungan Fakultas Informatika (FIF).

Wakil ketua Lisna Widiasari menyetujui rencana tersebut karena telah menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat pada periode sebelumnya. Ketua, Lintang Dandung Prakoso menegaskan kegiatan tersebut akan menjadi tolak ukur penilaian mahasiswa yang memenuhi kriteria dalam menjalankan tugas HMSI berikutnya. Yang kemudian menyepakati kegiatan ini dengan nama “Strategi Literasi dalam Penetrasi UMKM”.

Hal inipun disambut dengan baik oleh Pembina HMSI Ibu RR. Hutanti Setyodewi, S.T.,S.Si.,M.MSI. dengan mengarahkan agar kegiatan ini lebih berfokus pada kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar dengan mengembangkan jiwa kepemimpinan mahasiswa yang memiliki kompetensi oleh critical thinking dan problem solving, kretativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2022 yang berlokasi di Desa Jipang, Kecamatan Karanglewas. Yang diikuti oleh seluruh panitia pengabdian masyarakat dan dosen fasilitator.

Dengan adanya Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) yang diharapkan dapat berperan sebagai media bagi semua mahasiswa Sistem Informasi untuk lebih meningkatkan jalinan kekeluargaan dan kebersamaan antar sesama mahasiswa prodi Sistem Informasi, kegiatan Pengabdian Masyarakat ini pun didukung oleh jajaran dosen di prodi Sistem Informasi.

Berdasarkan pada hasil observasi di Desa Jipang serta wawancara dengan Kepala Desa Jipang, diperoleh hasil yaitu :

(a) UMKM yang belum memiliki nama,

(b) Bumdes yang belum aktif,

(c) Belum adanya logo.

Usaha Kecil adalah kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dan memenuhi kriteria kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan serta kepemilikan sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 9 Tahun 1995 tentang Usaha Kecil (Tarigan, 2013).

Berdasarkan uraian di atas, maka kami melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema “Strategi Literasi dalam Penetrasi UMKM”. Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu program kerja Departemen Sosial Development Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Fakultas Informatika Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang tujuannya untuk mengajak koordinasi dari semua unsur yang terkait bak dalam sisi literasi kepada UMKM guna untuk menumbuhkan dan mengembangkan bisnisnya.

Sambutan Oleh Perwakilan Dosen
Sambutan Oleh Pihak Desa
3
Sambutan Oleh Ketua Pelaksana
Penukaran Plakat Dari Pihak Dosen ke Pihak Desa
Pemaparan Materi Dari Perwakilan Dosen
Pelatihan Pembuatan Logo
Pelatihan Pembuatan Logo
8
Panitia Membantu Pihak UMKM Untuk Mengisi Kuesioner
9
Panitia Membantu Pihak UMKM Untuk Mengisi Kuesioner
Aula Desa Jipang Tempat Diselenggarakannya Pengabdian Masyarakat
Foto Bersama Pihak Desa, UMKM, Dosen, dan Panitia
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *