ALUMNI TALK HMSI 2023/2024

I. Latar Belakang 

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) merupakan salah satu organisasi mahasiswa di Institut Teknologi Telkom Purwokerto. HMSI ini berada di bawah naungan Fakultas Informatika (FIF). Sebagai suatu organisasi maka HMSI memiliki tujuan, struktur, dan kegiatan yang harus dipublikasikan kepada anggotanya. Dengan adanya HMSI diharapkan dapat berperan sebagai media bagi anggotanya untuk mengembangkan pola pikir, potensi dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmu sistem informasi, agar siap terjun ke masyarakat. Departemen Advokasi HMSI sendiri memiliki peran sebagai wadah atau sarana penjebatanan bagi mahasiswa Prodi S1 Sistem Informasi dengan Prodi Sistem Informasi dalam memberikan aspirasinya. Oleh karena itu, untuk mengembangkan hal-hal tersebut Advokasi akan mengadakan kegiatan “Alumni Talk”. Alumni Talk merupakan forum sharing dengan tema “Exploring Together To Build Networks For The Future” bersama alumni sistem informasi dengan tujuan agar mahasiswa sistem informasi dapat memperoleh pemahaman yang lebih luas mengenai dunia kerja dan perkembangan industri di bidang sistem informasi. Melalui Alumni Talk, mahasiswa mendapatkan wawasan langsung dari para alumni yang telah terjun dalam dunia kerja, sehingga dapat memperoleh informasi mengenai tantangan, peluang, dan tren terkini dalam industri sistem informasi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat jaringan dan hubungan antara mahasiswa sistem informasi dan alumni, sehingga terbentuklah komunitas yang solid dan saling mendukung di masa depan. Dengan sharing bareng alumni yang telah sukses di dunia kerja, diharapkan mahasiswa dapat termotivasi dan terinspirasi untuk mengembangkan potensi serta meraih kesuksesan di masa depan mereka dalam karier di bidang sistem informasi. 

 

II. Tujuan Kegiatan 

1. Memberikan informasi dunia kerja untuk Mahasiswa Sistem Informasi. 

2. Membagikan pengalaman dan pengetahuan untuk menjalin komunikasi dan kerjasama dengan alumni Sistem Informasi sendiri.

 

 III. Manfaat Kegiatan 

1. Mahasiswa Sistem Informasi memiliki pandangan akan dunia kerja, bertambahnya motivasi, dan dorongan untuk terus berusaha.

 2. Mahasiswa Sistem Informasi memiliki pengetahuan sehingga tidak akan kalah bersaing dengan lulusan jurusan atau perguruan tinggi lain.

 

IV. Pelaksanaan Kegiatan 

Alumni Talk merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Divisi Advokasi, di mana kami alumni dari program studi Sistem Informasi untuk berbagi pengalaman dan berinteraksi dalam sesi tanya jawab dengan mahasiswa aktif Sistem Informasi Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Topik utama yang dibahas adalah tentang pengalaman kerja dan persiapan yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja setelah lulus kuliah. Kegiatan Alumni Talk ini dilaksanakan melalui live Instagram.

Gambar I. Dokuentasi Alumni Talk

Yang dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2024 dengan pemateri yaitu Kak Shobun Kollied Anwar, S.Kom yang bekerja di PT Telkomsigma sebagai Back End Developer dari Sistem Informasi angkatan 2017 dengan tema “Exploring Together To Build Networks For The Future”. Disini Kak Shobun memberikan tips tips serta memberikan saran tentang bagaimana masuk ke dunia kerja serta persiapan apa saja yang perlu dilakukan untuk mendukung kinerja kita. Kak Shobun menjelaskan bahwa motivasi itu datang dari diri sendiri, bukan dari teman, dan usaha pribadi menentukan masa depan. Kak Shobun juga memberikan arahan di mana membangun relasi itu penting, menentukan arah karier, mengikuti pelatihan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion, dan membangun portofolio serta CV yang kuat. Kak Shobun sangat ramah dan friendly dalam menjelaskan materi sehingga peserta pun sangat aktif bertanya untuk mendengar penjelasan dari Kak Shobun.

Gambar II. Dokumentasi Alumni Talk

Alhamdulillah semua kegiatan sharing alumni berjalan dengan baik dan dapat diambil banyak manfaatnya dari penjelasan alumni yang mengisi. Semoga di tahun berikutnya kegiatan ini tetap dapat berlangsung.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *