Welcome to The Family

Dalam rangka menyambut mahasiswa baru angkatan 2022/2023 persiapan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Program Studi S1 Sistem Informasi di Instititut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), Panitia melakukan berbagai persiapan baik secara teknis maupun non teknis dari pembahasan tentang kegiatan inspiratif, inovatif dan edukatif telah dirancang sedemikian rupa dalam mengisi kegiatan ini.

Persiapan dalam rangka koordinasi antara Pengurus yang digagas oleh Ketua HMSI Lintang Dandung dan wakilnya Lisna Widia dengan Ketua Pelaksana kegiatan Care For Maba Agung Prabowo dan Feisya Kartika selaku sekretaris, sangatlah berlangsung intens. Kegiatan koordinasi tampak begitu semangat dan kompak,  masing-masing panitia terbagi sesuai tugas pokok divisinya. Kegiatan yang bertajuk Care for Maba ”Welcome to The Family” dirasakan sangat berbeda karena kegiatan saat ini adalah kali pertama kegiatan secara offline semenjak Pandemi Covid-19. Dengan adanya kesempatan bertemu pada rapat koordinasi membuat peserta panitia yang hadir begitu tampak bahagia begitu riang, penuh canda tawa terlihat pada saat break.

Abiyyu Ghiyats selaku Koordinator Acara mengatakan, untuk pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus telah dimulai pada  tanggal Minggu, 9 Oktober 2022 cukup dilakukan 1 hari untuk tidak mengganggu hari perkuliahan.

Penyelenggaraan kegiatan ini sepenuhnya didukung oleh Ketua Prodi Sistem Informasi Ibu Dwi Mustika Kusuma Wardani, S.Kom., M.kom. Rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru meliputi :

  1. Pengenalan kabinet Gardanara Wibawa HMSI periode 2022/2023 oleh ketua HMSI yaitu Lintang Dandung Prakoso beserta wakilnya Lisna Widiasari. Pada pengenalan ini, mahasiswa baru dikenalkan dengan berbagai program kerja, jobdesk, dan juga manfaat mengikuti organisasi ini.
  2. Pemaparan materi 1 oleh Ragil Ayu dan Inayatul mengenai P2MW. P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan. Produk mereka berupa barang yaitu craftoryx, yaitu sebuah pigura yang terbuat dari bahan alam seperti daunan kering, bunga dan tentunya foto.
  3. Pemaparan materi 2 oleh Revanda Dhavin Aroby tentang kegiatan BMI. BMI yaitu Banyumas Millenial Innnovation yang merupakan program inovasi yang diperuntukkan bagi kaum milenial yang berdomisili atau berasal dari Banyumas.
  4. Pemilihan Komting. Komting yaitu komandan tinggi, komting dibutuhkan pada setiap tingkat Angkatan suatu prodi atau jurusan supaya informasi dari dosen atau dari eksternal tersampaikan dengan baik dan benar. Komting yang terpilih yaitu Reinaldy Dwi Allail Kusnadi dan wakilnya adalah Rizky Setiawan.
  5. Game dan Penghargaan peserta teraktif. Antusias maba dalam game ini sangatlah tinggi karena panitia menyediakan berbagai dorpres.

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru bertujuan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru pada proses peralihan status siswa menjadi mahasiswa, pada pelaksanaan Care For Maba dijadwalkan berbagai kegiatan yang terkait dengan penanaman dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan serta kebijakan kampus sehingga nantinya dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.

Pada kesempatan tersebut dihadiri oleh ibu RR Hutanti yang juga sekaligus mengawal kegiatan dan memberikan wawasan tambahan seperti Program dari Kampus Merdeka Belajar di mana ibu menjadi Dosen Pembimbing Lapangan Batch 4. Di kesempatan ini disampaikan oleh beliau empat kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa di abad 21 yang disebut 4C, yaitu Critical Thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan menyelesaikan masalah), Creativity (kreativitas), Communication Skills (kemampuan berkomunikasi), dan Ability to Work Collaboratively (kemampuan untuk bekerja sama). Serta kedepannya diharapkan mahasiswa dapat “Membangun Budaya Literasi” sebagai program yang dicanaggkan oleh Kemendikbud, dimana Bangsa dengan budaya literasi tinggi menunjukkan kemampuan bangsa tersebut berkolaborasi, berpikir kritis, kreatif, komunikatif sehingga dapat memenangi persaingan global, hal ini sejalan dengan visi & misi Program Sistem Informasi yaitu memiliki lulusan dengan kemampuan analisis dan tata kelola dalam melakukan inovasi teknologi informasi yang menghasilkan value untuk disebarkan pada khalayak umum, mampu membuat dan mengimplementasikan sistem informasi yang disesuaikan dengan visi misi perusahaan maupun organisasi, dan mampu menerapkan dan mengoptimalisasi teknologi informasi berdasarkan pemanfaatan data sosial untuk mendukung ekonomi baik individu maupun kelompok. Tujuan umum PKKMB tahun 2022 adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus.

Pelaksanaan kegiatan Care For Maba diharapkan menjadi wahana sosialisasi kebijakan merdeka belajar;Kampus merdeka dan penanaman 5 program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Kegiatan ini memberikan bekal kepada mahasiswa yang akan menjadi pemimpin masa depan yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlaq, cinta tanah air, dan berdaya saing global. Adapun Sesuai Panduan Direktorat Pendidikan Tinggi, Asas pelaksanaan PKKMB terdiri dari:

  1. Asas keterbukaan, yaitu semua kegiatan penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara terbuka, baik dalam hal pembiayaan, materi/substansi kegiatan, berbagai informasi waktu maupun tempat penyelenggaraan kegiatan.
  2. Asas demokratis, yaitu semua kegiatan dilakukan dengan berdasarkan kesetaraan semua pihak, dengan menghormati hak dan kewajiban masing-masing pihak yang terlibat dalam kegiatan penerimaan mahasiswa baru tersebut
  3. Asas humanis, yaitu kegiatan penerimaan mahasiswa baru dilakukan berdasarkan kemanusiaan yang adil dan beradab, dan prinsip persaudaraan serta anti kekerasan. Tujuan umum PKKMB tahun 2020 adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampu 
Abiyu selaku pembawa acara sedang Bersama komting dan wakilnya yang terpilih yaitu Reinaldy Dwi Allail Kusnadi dan wakilnya adalah Rizky Setiawan
Mahasiswa baru sedang melakukan tour campus
Panitia menjelaskan setiap ruangan yang ada di Kampus
Peserta sedang memperhatikan pemaparan materi yang dijelaskan
Foto Bersama Bu Hutanti, peserta, panitia dan juga HMSI 2022-2023
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *